Sampaikwn Ceramah di Masjid Nurul  Muhsinin

Empat Amalan agar Terhindar dari Azab Kubur, Inilah Penjelasan  Ustadz Sondra

Ustadz Sondra Alhafid saat menyampaikan tausiah di Masjid Nurul Muhsinin, Jumat (7/7/2023)

Laporan : Hendri Zainuddin
Pekanbaru


     PADA kajian rutin yang dilakukan pengurus Masjid Nurul Muhsinin yang berada di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tamgeeang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai berjalan dengan khidmat dan lancar. Dimana pada wirid pekan pertama ini, Jumat (7/7/2023) ustadz yang menyampaikan ceramah agama usai sholat magrib berjamaah yakni ustadz  M Sondra Alhafid SAg, MH. Sebelum menyampaikan ceramah ustadz Sondra pertama-tama mengucapkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan, keselamatan sehingga bisa bersama-sama datang di masjid untuk mendengarkan majelis ilmu.

Selain itu, ustadz Sondra juga tak lupa mengucapkan salawat kepada Nabi Muhammad SAW,karena dengan banyak bersalawat nanti akan mendapatkan safaat di yaumil akhir kelak.

Dalam kajian ini, ustadz Sondra membahas bagaimana melakukan amalan supaya terhindar dari azab kubur. Dimana ,kata Sondra bahwa setiap manusia yang telah meninggal dunia akan menjalani yang namanya hisab nanti. Terlebih lagi, setiap manusia akan dimintai pertanggungjawaban atas amalan yang pernah dilakukan ketika masih di dunia.

Dijelaskan Sondra ada empat amalan ketika dilakukan di atas dunia maka , ketika sudah meninggal dunia akan terhindar dari siksa atau azab kubur. Adapun empat amalan yang mesti diperhatikan  antara lain, selalu menjaga sholat, baik sholat wajib maupun sholat sunnat.

Kemudian kata ustadz Sondra ketika berada di dunia selalu membaca alquran serta berzikur mengingat Allah SWT. "Makanya sebelum kita meninggal dunia jangan lupa melakukan amalan-amalan tersebut. Sebab, dengan amalan itu akan menjadi benteng kita saat nanti kita sudah meninggal dunia, sehingga kita insyallah diberikan  kemudahan serta terhindar dari azab kubur," ujar Sondra.

Dijelaskan Sondra dalam mengarungi kehidupan di atas dunia ini setiap manusia diminta supaya selalu melakukan amal kebaikan, sehingga mendapat pahala dari Allah SWT.Salah satunya mengerjakan ibadah dengan sholat berjamaah. Dipaparkan Sondra, bahwa banyak sekali keuntungan bagi manusia (hamba red) yang selalu melsksanakan sholat dengan berjamaah.

"Memang melaksanakan sholat berjamaah begitu berat dan sulit. Terutama bagi manusia yang selalu lalai dan anggap sepele dengan melaksanakan sholat berjamah. Padahal jika kita tahu, sangat banyak manfaatnya sholat berjamaah. Bila sholat ada subuh hari, maka pahalanya sama dengan melaksanakan umroh. Selain itu, tentunya akan mendapat perlindungan dari Allah SWT.

Tak hanya itu, maka setiap manusia yang taat dan patuh kepada Allah SWT,maka kehidupan dan rezekinya dijamin oleh Allah SWT," ujar Sondra.  Lanjut Sondra, bagi setiap manusia atau hamba ada juga tidak diberikan keimanan dan hidayah oleh Allah SWT. Dimana masih banyak manusia yang lalai akan hingar bingar kehidupan dunia yang menipu, sehingga lupa untuk melaksanakan kewajiban sholat. Bahkan, tak jarang pula mereka tidak sholat pada waktu subuh. 
 

 *Maka dari itu, awalilah kehidupan demgan pagi harinya untuk shlat subuh dan datang sholat berjamah di masjid. Karena Allah SWT sangat bangga dan senang melihat hambanya datang ke masjid. Dimana masjid adalah tempat yang paling mulia dan disukai oleh Allah SWT. JIka Allah SWT senang atas hambanya yang selalu melakukan ketaatan dan kepatuhan, tentu akan dibalas oleh Allah SWT,"  tutur Sondra. ***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar